Sports in ISS!

Foto beberapa mahasiswa ISS (dari Afrika, Asia (Hongkong dan Indonesia), Brazil, dan Jerman) yang sering bermain futsal
Beberapa mahasiswa ISS (dari Afrika, Asia (Hongkong dan Indonesia), Brazil, dan Jerman) yang sering bermain futsal

 

Salah satu cara mahasiswa Indonesia dalam menjaga kesehatannya ketika sedang belajar di ISS adalah dengan berolah raga, namun berolah raga itu sendiri di ISS memiliki tantangan tersendiri. Tantangan tersebut berupa lokasi dimana fasilitas berolah raga berada. Untuk diketahui, tidak semua fasilitas olahraga di ISS menyatu atau dekat dengan kampus. Hanya fasilitas yoga, tenis meja, dan foosball. Fasilitas lainnya yang berada jauh dari kampus adalah sepakbola, futsal, bulutangkis, voli, dan Semua fasilitas tersebut, kecuali sepakbola, dapat digunakan mahasiswa dalam berbagai musim karena bersifat indoor.basket. Fasilitas futsal, bulutangkis, voli, dan basket berada dalam satu tempat yang terletak di Sporthal de Blinkerd, Seinpoststraat 150, 2586 HC Den Haag. Untuk mencapai ke sana dapat menggunakan Tram no 1 plus jalan kaki selama 18 menit dari halte Mauritskade. Namun, jarak tempuh ke tempat tersebut lebih pendek jika anda menggunakan sepeda, hanya 13 menit. Jika fasilitas yang dekat kampus bisa digunakan setiap saat, tidak sama halnya dengan yang berada di luar kampus. Olahraga di Blinkerd hanya dilakukan setiap hari Minggu mulai pukul 17.00 WB hingga pukul 21.00 WB. Karena luas lapangannya terbatas, olahraga basket, voli dan badminton dilakukan pada pukul 17.00-19.00 WB. Adapun olahraga futsal dilakukan pada pukul 19.00-21.00 WB.

Mahasiswa ISS dari Indonesia sebelum berlatih bulutangkis
Mahasiswa ISS dari Indonesia sebelum berlatih bulutangkis
Beberapa mahasiswa ISS (dari Afrika, Indonesia, Brazil, dan Jerman) yang sering bermain futsal
Beberapa mahasiswa ISS (dari Afrika, Indonesia, Brazil, dan Jerman) yang sering bermain futsal

Tidak semua mahasiswa ISS yang berasal dari hampir dari semua benua menggunakan fasilitas yang ada di blikerd. Hal tersebut berlaku pula dengan mahasiswa Indonesia karena hanya beberapa orang saya yang rutin menggunakan fasilitas olah raga termasuk berolah raga di Blinkerd. Hal ini bisa dimaklumi karena hobi dan alokasi waktu setiap orang berbeda-beda. Khusus untuk olahraga di Blinkerd, tantangan yang dihadapai mahasiswa adalah jarak tempuh dari dorm ke Blinkerd dan waktu olah raga yang mengambil waktu liburan atau istirahat. Akibatnya, jumlah mahasiswa yang sering berolah raga di sana sangat sedikit jika dibandingkan dengan jumlah total mahasiswa ISS. Namun ada fakta yang unik, yaitu jika futsal, voli, dan basket umum disukai oleh mahasiswa dari berbagai negara maka tidak dengan badminton. Dari bulan September hingga tulisan ini disusun, mayoritas penikmat olahraga bulutangkis adalah orang Indonesia bahkan seringkali hanya orang Indonesia yang bermain.

 

WILLIPenulis: Willi Sutanto

Penulis adalah mahasiswa Master in Development Studies di Institute of Social Studies (ISS) of Erasmus University Rotterdam (EUR) di Den Haag, Belanda

 

Published by PPI Kota Den Haag

This page contains a complete information about Indonesian Student Association located in Den Haag. You will also find a necessary guides regarding study and life in Den Haag.

Leave a comment